Minggu, 14 Maret 2010

Barangkali Orang Tak Percaya......????

Salah Siapa....????
A true story.....
Kejadian habis Maghrib, tatkala aku sengaja menyempatkan diri berburu makanan Sate Padang di dekat komplek....ya sekitar 1/2 kilometer dari rumah.
Ketika aku memesan sate pada sang penjual...., ada seorang anak (cewek dan perkiraanku baru berumur 9 atau 10 tahun) yang kondisinya berpakaian yang basah (mungkin habis hujan-hujanan ), memang aku sempet mengamatinya sebelumnya.
Dengan setengah ragu atau malu atau entah rasa apa yang ada dibenaknya....aku gak tahu;
namun bocah kecil itu berusaha mendekatiku. Sempat si bakul sate padang menghardiknya, dan itu membuatnya mundur beberapa saat, namun entah apa dan mengapa....bocah itu berusaha tetap mendekatiku.
" Pak ....minta shodaqohnya Pak....buat beli buku...." Kata bocah itu sambil menahan dingin karena pakaiannya yang basah.
Aku tersenyum, dan aku mengambil uang untuk kuserahkan pada bocah itu.
Seperti biasa, ketika memberi, aku langsung memalingkan muka, agar tak kulihat terus sinar mata kegembiraannya, dan biar aku dapat melupakan apa yang barusan aku lakukan.
Namun bocah itu menungguku sampai aku melihatnya.
" Terimakasih Pak...." Katanya sambil tersenyum senang, aku hanya tersenyum kecil sambil mengangguk pelan.
Bocah itu kemudian lari...., namun tak beberapa lama...bocah itu kembali lagi sambil
membawa tas kresek berlabel "Alfa mart", dan memperlihatkan padaku.
" Terimaksih Pak...ini uang tadi sudah saya belikan buku...." Katanya sambil memperlihatkan tiga buah buku tulis isi 40lembar halaman.
Aku tercenung...., aku gak bisa bicara apa-apa hanya senyum trenyuh dan anggukan perlahan yang bisa kulakukan.
Banyak yang berkecamuk dibenak ini, inikah kehidupan...???? ; Apakah sama yang terlintas dan mengguncang dibenakku dengan benak anda apabila anda mengalami hal yang serupa aku alami......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar