Rabu, 03 Oktober 2012

Ayat-Ayat Allah SWT....


Lama banget rasanya gak menulis diblog , ada keinginan , namun tak sebanding dengan rasa malas untuk memulainya menulis.
Sebagai blogger yang baik , tentunya hal itu harus sesegera mungkin ditepis , apapun itu tulisanmu , asal tertulis walau didunia maya , ya Insya Allah tetap akan ada yang membukanya dan membacanya...; dan kalau sudah begitu, harapannya semoga tulisan inipun bisa bermanfaat.

Tahukah anda bahwa firman Allah SWT itu dikelompokan dalam 2 garis besar yaitu :  Bahwa Allah SWT menuangkan sebagian kecil dari ilmu-Nya kepada umat manusia dengan dua jalan. Pertama, dengan ath-thariqah ar-rasmiyah (jalan resmi) yaitu dalam jalur wahyu melalui perantaraan malaikat Jibril kepada Rasul-Nya, yang disebut juga dengan ayat-ayat qauliyah. Kedua, dengan ath-thariqah ghairu rasmiyah (jalan tidak resmi) yaitu melalui ilham secara kepada makhluk-Nya di alam semesta ini (baik makhluq hidup maupun yang mati), tanpa melalui perantaraan malaikat Jibril. Karena tak melalui perantaraan malaikat Jibril, maka bisa disebut jalan langsung (mubasyaratan). Kemudian jalan ini disebut juga dengan ayat-ayat kauniyah.

Ayat-ayat qauliyah mengisyaratkan kepada manusia untuk mencari ilmu alam semesta (ayat-ayat kauniyah), oleh sebab itu manusia harus berusaha membacanya, mempelajari, menyelidiki dan merenungkannya, untuk kemudian mengambil kesimpulan. Allah swt. berfirman: “Bacalah (ya Muhammad) dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan alam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq:1-5)

Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...., aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar