Senin, 11 Juli 2011

Yang Nyentrik dan Nyeleneh

He he he he....Tulisan ini terinspirasi dari pemandangan yang kukuntit sehampir 5 km ; dan tulisan ini kuberi judul: " Yang Nyentrik dan Nyeleneh " . Sebenarnya aku sudah dari dulu ingin menulis tentang kelompok vespa ancur ini ; dan rasanya memang aku baru nemui profil semacam itu di Jawa Barat ini.
Ceritanya tadi sore sepulang kerja , aku disalip oleh 2 buah kendaraan modifikasi tak lazim. Kendaraan itu berbasiskan kendaraan vespa , dan modifikasinya bisa dikatakan berantakan, kumuh,dan ancuuuur buanget. Yang pertama adalah vespa yang dimodifikasi sehingga bentang panjangnya mencapai 4 meteran dengan total ban yang kalau aku hitung ada 10 ban , dimana tiap poros terdiri 2 ban 2 pelek. Vespa pertama ini dikendarai oleh  ( dinaiki ) 5 orang pemuda punky yang amburadul habis , mereka pakaiannya layaknya seorang gembel, rambutnyapun semua gimbal , sangat terkesan lusuh , bahkan yang memegang kendali hanya menggunakan sebelah sandal jepit pada sepasang kakinya. Hiasan vespa yang pertama ada sapu ijuk hitam yang dibalik keatas, tiang dengan bendera merah putih yang sudah gak merah putih lagi warnanya ; terus ada hiasan botol aqua, jerigen oli bekas, kaleng coca-cola ; jangan tanya warna vespanya....soalnya hampir 80% adalah warna logam karatan asli.
Yang kedua adalah vespa yang aku foto dan upload diblog ini ; vespa ini lebih parah lagi ; hiasanya kontemporer Kemproh Kumal Kuclok Kemplu atau disingkat 5K. Lihat saja foto diatas , ada daun kelapa kering, ember bangunan, kaleng cat , kain spanduk , jerigen bekas, dll. Vespa kedua ini juga didominasi warna karat. Vespa ini dikendarai 2 orang yang keadaannya sama dengan vespa pertama  punky,kucel,kumal,lusuh,jorok,dll.
Ketika aku mengisi bensin di POM Bensin sebelah Pasar caringin - Jalan Soekarno Hatta , ternyata raungan kedua vespa tersebut juga membahana di area Pom Bensin tersebut ; dan sambil menunggu mengisi bensin , aku turun untuk sekedar memotret kendaraan nyeleneh tersebut. Yang bikin aku terperanjat adalah ; ternyata 2 orang yang ada divespa tersebut, salah satunya adalah perempuan!.
Dari sedikit omong-omong dengan mereka ; aku mendapat penjelasan, bahwa mereka baru dari Pantai Pangandaran tadi pagi habis subuh; artinya mereka tempuh 12 jam lebih perjalanan Pangandaran-Bandung. Dan rencananya mereka akan ke waduk Cirata, terus ke Purwakarta , baru balik kearah timur menuju Jawa Tengah. Ampuuuun dech....akan berapa lama mereka diperjalanan tersebut ?.
Terus terang ada yang tak habis terpikir dibenakku ; antara lain : Bagaimana mereka makannya?; bagaimana mereka melakukan MCK ? ; Bagaimana mereka tidur ? ; Bagaimana mereka bisa beli BBMnya untuk perjalan sejauh tersebut? , Bagaimana tanggapan orang yang melihatnya ? , Bagaimana tanggapan orang-tua atau kerabat dari mereka melihat tingkah dan pola hidup mereka? ; disisi lain aku juga takjub akan fisik mereka yang tanpa jaket atau pelindung mata, sarung tangan menempuh perjalanan yang entah berapa ratus kilometer diterpa udara panas,dinginnya angin malam , debu,hujan ,dll. Dan yang bikin takjub juga adalah Sang Vespa yang mereka kendarai , yang umurnya lebih tua dari aku ( vespa mereka th 1963 , dan 1967 ) namun kuat juga melahap jalanan yang aku pikir kendaraan baru sekelas mio,vario pasti sudah remuk mesinnya bila dipelakukan seperti itu.
Tapi itulah salah satu panggung sandiwara di belantara dunia ini ; yang terkadang kita tak pernah mau mengambil pelajaran dan hikmahnya dari pelajaran kehidupan yang mereka paparkan yaitu tentang ke-Agungan, Maha Kasih dan Sayangnya Sang Khaliq pada makhluk-makhluk-Nya.
Demikian tulisan singkat ini , semoga bisa memberikan makna tersendiri bagi kita dalam memandang kehidupan dunia ini ; dan semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar