Rabu, 04 Juli 2012

MENCARI PENGHASILAN TAMBAHAN








Pada tulisan kali ini , aku ingin sharing…atau sekedar mengurai wacana tentang perlu atau tidaknya kita didalam hidup ini mencari penghasilan tambahan . Mengapa koq aku tiba-tiba mengangkat tema tentang penghasilan tambahan ? , Apakah gaji atau pendapatanku tidak cukup ?;  Sebenarnya ini bukan masalah cukup atau tidak cukup. Bagi mereka yang tahu pendapatanku mungkin mereka akan bilang lebih dari cukup jika dibandingkan rata-rata gaji karyawan yang sebatas UMR . Dan rasanya bila melihat, mempertimbangkan , memperhatikan , dan menyelami kehidupan sesama yang terpapar dalam kancah kehidupan ini….aku layak untuk bersyukur, namun berhenti berfikir dan hanya menyerah sampai disitu aku kira juga bukan keputusan yang arif. Dan….ini adalah sebuah kewajaran naluri pada diri manusia untuk mencari penghasilan lebih dari yang biasa kita terima, apalagi jika hidup di kota besar yang apa saja serba mahal.
Mencari penghasilan tambahan biasanya dilakukan atau terpaksa dilakukan oleh orang-orang yang berstatus karyawan atau PNS selepas jam kerjanya baik di perusahaan maupun kantor yang merasa penghasilannya tak mencukupi untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup baik diri dan keluarga….dan itu masih dinilai minimal saja tak cukup, padahal belum bicara memenuhi selera kepuasan diri (artinya apa yang kita ingin kita mampu membelinya ). Kita tahu, penghasilan seorang karyawan atau PNS mungkin cukup kalau hanya untuk mengontrak rumah dan makan sehari-hari, namun jika kita bicara ingin membayar uang muka rumah, beli motor, mobil atau jika kita ingin menyekolahkan anak  disekolahan yang bermutu dengan biaya pendidikan yang mahal itu, tentu tidak akan cukup…asli , aku berani bilang begitu…. ( oh…iya….mungkin aku perlu sampaikan juga bahwa PNS itu sekarang lebih baik nasibnya dalam hal pendapatan penghasilan/gaji dibanding karyawan apalagi buruh perusahaan….asli ! )
Dalam kehidupan ini …pernah hitung-hitungan asal-asalan dengan seorang teman , dimana disimpulkan penghasilan sebuah keluarga mungkin bisa dibilang cukup jika dia memperoleh gaji / pendapatan sebesar Rp7,5 juta sebulan. Dengan uang sebesar itu paling tidak kita bisa membayar cicilan rumah sederhana, menyekolahkan anak, menyisihkan sedikit uang untuk orang lain, dan oh iya, mungkin bisa untuk tabungan haji atau sekedar rekreasi.

Angka sebesar Rp.7,5juta perbulan itu rasanya jauh dari rata-rata penghasilan seorang individu karyawan lulusan S1 bahkan mungkin tak sampai separuhnya ( ini actual lho ya…., bukan lulusan S1 yang terus diback up secara KKN ) . Karena itu agar bisa bertahan dan tetap eksis dalam kehidupan ini sering kita (Suami dan istri) keduanya harus bekerja yang biasa disebut sebagai kekuatan “double garden “. Jika seorang suami mengantongi 2,5 Juta sedangkan Istri katakanlah sama 2,5 Juta maka total hanya 5 juta. Namun karena berbagai pertimbangan, terutama karena anak masih kecil, maka biasanya diputuskan istri pada akhirnya resign dan menjabat sebagai IRT ( Ibu Rumah Tangga ) yang  bertugas mengasuh anak di rumah. Nah… inilah yang menyebabkan orang pada umumnya seorang suami akan berfikir untuk mencari penghasilan tambahan…..sesuatu yang wajar dan perlu.
Hari-hari ini terlintas di fikiranku tentang penghasilan tambahan itu. Aku mulai bekerja (berangkat dari rumah )pukul 07.30 sampai pulang kerja sampai rumah lagi pukul 19.00 atau sekitar 11,5 jam. Berarti aku hanya mempunyai waktu malam hari yang cukup singkat banget , plus hari Sabtu yang kebetulan libur juga dan pada Minggu. Karena memanfaatkan waktu sisa yang ada ( ini sebuah dilemma : apa waktu yang tersisa itu akan digunakan untuk sekedar memperhatikan keluarga (anak ,istri, keadaan rumah ) dan sosial kemasyarakatan atau kita pakai untuk mencari penghasilan tambahan ? ), beberapa diantara kita pada akhirnya menyerah bahwa waktu selepas kerja baik diperusahaan atau kantoran akan digunakan untuk istirahat dan bercengkerama dengan keluarga  ; namun ada pula yang berani mengorbankan rasa capek , dan perhatian ke anak, istri dan lingkungan kemasyarakatan….mereka berkomitmen untuk mencari tambahan penghasilan . Dalam mencari penghasilan tambahan ,maka ada baiknya tentu saja kita harus mencari kerja sampingan yang tidak terlalu terikat oleh waktu sehingga bisa dikerjakan saat senggang dan mod.
Satu hal yang terlintas dibenakku adalah pada dasarnya setiap orang baik itu seorang suami atapun istri maupun mereka yang masih lajang akan selalu ingin bisa memberikan konstribusi tambahan bagi kehidupannya dan keluarganya, beberapa diantaranya selalu aktif mencari peluang-peluang usaha yang bisa memberikan tambahan penghasilan.

Dan berikut ini ada beberapa saran yang perlu diperhatikan manakala kita memantapkan diri untuk terjun dalam “Mencari Tambahan Penghasilan “ :
- Carilah peluang usaha yang dapat memberi konstribusi tambahan penghasilan secara halal. Dan jangan malu menjalankannya meski peluang usaha itu terkesan remeh . ( Misalnya : Tukang Ojek, Tukang Jualan Gorengan , Montir Bengkel , Pengepul Sampah, Tukang Odhong-odhong , peternak ayam , dll )
- Membuka atau menjalankan suatu peluang usaha itu mengandung resiko , artinya bisa untung dan bisa juga rugi , jadi persiapkan mental untuk itu , baik pada diri sendiri maupun pada keluarga ( istri, anak, anggota keluarga ).
- Berapapun besarnya hasil yang didapat dalam menjalankan peluang usaha untuk mendapatkan tambahan penghasilan….syukurilah ; ingatlah bahwa Allah SWT menyukai hambaNya yang bersyukur atas nikmat yang telah Dia berikan , dan akan meningkatkan nikmat-nikmat tersebut.
- Namanya saja mencari tambahan penghasilan atau istilahnya kerja sampingan ; jadi usahakan jangan sampai mengganggu aktifitas kerja yang pokok.
- Carilah peluang usaha yang sekiranya bukan hanya Anda saja yang bisa menjalankannya , tetapi juga istri atau anggota keluarga Anda.
Sedikit cerita tentang aku dalam mencari tambahan penghasilan , ada suka dan dukanya , pernah aku harus menempuh ratusan kilometer namun tak membawa sedikipun keberhasilan , malah rugi ongkos, tenaga, pikiran ; pernah juga aku ikutan semacam MLM , namun gak berjalan dengan baik yang pada akhirnya berhenti dengan hitungan rugi ; pernah aku terjun ke bisnis via internet , namun cuman berakhir impas ; dll… sampai akhirnya kami menemukan peluang usaha online yang bisa memberikan kontribusi nyata pada kehidupan kami ( istriku yang menjalankan, sedang aku hanya membantu supportnya ), dan peluang usaha ini gak begitu ribet , serta sangat terpercaya , walaupun sejenis MLM tapi bila Anda bergabung , Anda akan tahu perbedaannya ; Apakah Anda tertarik ???? , jika ya…..silahkan klik : http://arlinbono.tk
Semoga tulisan ini bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar