Kamis, 23 Agustus 2012

RAMADHAN & SYAWAL 1433 H

Lama tidak menulis diblog ini , hal ini dikarenakan saat Ramadhan dengan mensikapi nilai-nilai puasa yang sebisa mungkin mengurangi aktifitas yang bisa menimbulkan pro dan kontra terutama dalam hal penulisan dalam blog ini ; Lepas dari Ramadhan....Alhamdulillah....,bisa bertemu dengan Syawal dan bisa berlebaran dengan keluarga di Bandung ( Tidak Mudik ) walau sudah menyiapakan artikel tentang TIPS MUDIK dengan kendaraan pribadi yang sedianya akan aku postingkan di blog : http://www.caritempatwisata.com , namun karena ada trouble masalah bandwith dengan web tersebut sehingga tidak bisa terpostingkan.
Kini setelah beberapa hari dari lebaran , dan sekiranya masih belum terlambat , maka perkenankanlah lewat ini aku dan keluarga bersilaturahmi:


Dan berikut ini kupostingkan artikel tentang tips mudik dengan kendaraan pribadi dimana tulisan ini merupakan tulisan yang tertunda untuk dipostingkan :

Tips Mudik Dengan Mobil Kecil
Hampir bisa dipastikan , bahwa setiap tahunnya arus mudik lebaran akan semakin bertambah padat saja , hal ini dikarenakan bertambah banyaknya pemilik kendaraan pribadi baik jenis roda empat atau mobil maupun roda dua atau motor . Kedua kendaraan tersebut cukup dan selalu mendominasi arus mudik disaat lebaran ; apalagi sepertinya pemerintah memang belum bisa menyediakan transportasi massa dengan baik untuk kebutuhan lebaran ini ; ditambah juga dengan sarana-prasarana lain yang kurang mendukung kelancaran arus mudik.

Berikut ini adalah tips-tips sederhana yang kiranya bisa diperhatikan bagi para pemudik yang berniat mudik dengan menggunakan mobil pribadi ; diantaranya sebagai berikut :
.
1.      Disarankan tidak menggunakan roof rack.

Penempatan muatan di atas kendaraan  dengan roof rack dapat mengganggu keseimbangan dalam berkendara, terutama bila muatannya berat. Bawalah barang seefisien mungkin dalam bagasi yang ada.
2.      Bawalah barang seperlunya

Dengan kondisi ruangan yang terbatas, janganlah membawa barang yang tidak perlu. Karena dapat mengurangi kenyamanan dan konsentrasi Anda berkendara . Barang –barang berupa oleh-oleh ataupun parcel lebaran untuk keluarga dikota tujuan sebisa mungkin sebaiknya membelinya dikota tujuan saja, hal ini jelas akan mengurangi jumlah barang bawaan.
3.      Gunakan ban standar

Bila dalam keseharian mobil kita dipasangi ban  profil tipis dan pelek lebar modifikasi untuk mengejar tampilan mobil agar lebih menarik ; ada baiknya pada saat Anda melakukan mudik ini dikarenakan ground clearance mobil kecil yang rendah, disarankan untuk menggunakan ban yang ukuran standar pabrik atau peruntukkannya ,terutama bila menggunakan ban modifikasi. Anda mungkin bisa ke dealer mobil dahulu untuk mengecek & berkonsultasi lebih lanjut.

4.      Periksa Tekanan Ban

Sesuaikan tekanan ban kendaraan Anda dengan spesifikasi, Jika menggunakan merk dan type tertentu tentunya disesuaikan dengan spesifikasit type kendaraan tsb. Dan sebaiknya isi ban dengan gas nitrogen hal ini untuk meredam panas saat terjadi putaran ban , mengingat jarak tempuh mudik yang panjang dan padat serta rawan macet.
5.      Berhati-hatilah dalam menyalip/mendahului kendaraan di depan Anda

Karena ukuran yang kecil, sebelum menyalip kendaraan di depan bunyikan klakson/nyalakan lampu terlebih dahulu dan perhatikan kondisi lalu lintas sekitar. Misalnya Anda mempunyai mobil yang punya speed bagus, jangan asal memacu kendaraan, disinilah letak ketrampilan dan kejelian Anda dalam mengamati keramaian lalu-lintas yang dipomparasikan dengan kondisi mobil Anda.  Kehati-hatian itu sangat penting, jangan mudah panas dan terbawa emosi dalam menjalankan kendaraan Anda.
6.      Persiapkan Peralatan Darurat

Jangan lupa membawa tool set, kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman dan peralatan lainnya untuk kondisi-kondisi darurat. Jika Anda berhenti di dealer mobil , mungkin bisa berkonsultasi atau sekedar istirahat sejenak. Gunakan jasa layanan bengkel  sesuai merek mobil Anda yang biasa ada didirikan di posko lebaran . Sekarang ini banyak pabrikan yang berpacu dan bersaing untuk memberikan atau menyediakan layanan saat mudik bagi para pelanggannya.

7.      Persiapkan Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa digunakan, terutama apabila melakukan perjalanan bersama anak-anak  ( kotak PPPK ) ; dan siapkan pula barang-barang apa saja yang diperlukan bagi anak-anak  ( susu , botol susu , makanan ringan, pampers, pakaian,dll ) pada  area dalam mobil yang mudah dijangkau ; jangan tempatkan dibagasi yang membuat Anda harus kehilangan waktu untuk berhenti dan mengambil barang tersebut yang tersimpan di bagasi mobil Anda. Kecuali memang Anda memang telah menyiapkan diri untuk hal tersebut.
8.      Berhentilah apabila lelah/mengantuk

Sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk beristirahat apabila merasa lelah atau mengantuk , dan sebaiknya pula apabila Anda mengemudi , ajaklah seseorang  dari anggota mudik dimobil Anda untuk menemani Anda selama perjalanan mudik sehingga bisa saling mengingatkan apabila Anda kelihatan mengantuk, lelah atau apapun itu sehingga Anda perlu beristirahat terlebih dulu.
Demikian tulisan ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda / pembaca yang pada lebaran tahun ini berkesempatan atau berniat untuk melakukan perjalanan mudik dikota kelahiran Anda. Dan Kiranya tulisan ini juga relevan untuk Anda yang melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi meskipun diluar event mudik lebaran.
Tak lupa kami dari dbimda group : http://wwwdbimda.blogspot.com dan http://www.caritempatwisata.com mengucapkan: “Selamat berlebaran ,Selamat idhul Fitri  1 Syawal 1433 H  , Mohon maaf lahir dan bathin , semoga perjalanan mudik Anda selalu dilimpahi kemudahan dan kelancaran hingga selamat sampai kota tujuan “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar