Selasa, 06 Desember 2011

HIDUP GAYA FUNKY ALA PENGAMEN DI BANDUNG

Bila kita mau jujur....pasti kita akan lebih sering tidak merasa nyaman daripada terhibur oleh kehadiran para pengamen yang menyapa kita disetiap perempatan dikota Bandung .
Tapi bukan itu yang mau aku tulis di blog-ku ini , aku hanya mau menulis sedikit hasil pengamatanku.....dan ini entah benar, entah salah...mohon para pembaca bisa mengoreksinya....
Sekitar 3 minggu yang lalu , diperempatan Pasir Koja , aku baru melihat kehadiran 2 orang ( remaja )pengamen yang baru meniti kariernya sebagai pengamen jalanan , nampak masih lugu , malu-malu , terasa masih sopan , dan secara penampakan belumlah aneh-aneh. Namun....pas Senin kemarin....ya tepatnya 3 mingguan setelah mereka meniti karier tersebut, terjadilah perubahan yang sangat fluktuatif.....; mereka mulai berani memakai pakaian kaos oblong kutung , celana belel jeans yang kumel banget , rambut telah dipotong ala viking funky dan di cat ala bule ireng , terus ada tindik atau piercing ditelinganya dan dihidungnya , ada pula tatto dilengannya....; mereka sudah berubah total termasuk cara mengamennya yang mulai dirasa tidak menghibur dan tidak bikin nyaman.
Apakah anda tahu berapa besar biaya yang paling murah harus dikeluarkan untuk piercing atau tindik telinga (kulihat ditelinga kirinya ditindik 2 lubang ) dan hidung  ? ; berapa ongkos bikin tatto yang paling murah ? , berapa rupiah biaya yang harus dikeluarkan untuk semir atau cat rambut ?
2 remaja muda seusia anak sekolah SMA , yang meniti karier sebagai pengamen jalanan , dengan tampilan awal yang masih lugu ; namun mereka bisa berubah dratis dalam waktu 3 minggu...
Jika benar penghasilan mereka dalam sehari lebih besar daripada penghasilan buruh pabrik bila dihitung secara harian (UMR buruh pabrik) , maka pantaslah bila komunitas tersebut semakin menjamur dan berkembang pesat di kota Bandung ini...
Bila baru-baru ini mungkin anda akan tercengang melihat foto  penyanyi jambul khatulistiwa atau Syahrini saat masih SMA dibandingkan dengan Syahrini yang bersinar bening seperti sekarang ; mungkin anda akan lebih tercengang lagi bila melihat 2 pengamen remaja yang dalam waktu 3 minggu sudah bermorfologis sedemikian cepatnya.
Pada akhir tulisan ini , entah apa yang dapat anda tangkap dari tulisan ini , dan entah apa pula yang akan anda pikirkan melihat fenomena sosial dalam kehidupan ini....; apakah anda setuju dengan semakin menjamurnya komunitas dan populasi pengamen jalanan ini ? , apakah anda ada solusi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar