Senin, 26 Juli 2010

FADILLAH MALAM NISFU SYA'BAN

Dan aku menulis lagi, dan ini adalah tulisanku yang kesekian dari tulisan-tulisan yang semoga bermanfaat bagi yang mebacanya.
Dan aku mengambil judul " FADILLAH MALAM NISFU SYA'BAN " bukan karena memang ini pas bulan Sya'ban , dan bukan karena aku hanya ingin menulisnya saja ; tapi ini ada kaitannya dengan perjalanan religiusku dalam menghadapi terpaan kehidupan.
Dan...memang sebenarnya aku telah tahu banyak akan fadillah-fadillah amalan sunnah ; namun dari semuanya itu ada yang aku kerjakan, namun banyak pula yang aku lewatkan.
Dan...memang disisa umur hidupku ini, alangkah baiknya bila kuisi dengan sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang gaungnya sampai ke negeri akherat, sesuatu yang harumnya tercium sampai negeri entah berantah kelak.
Dan...dimalam nisfu sya'ban tahun 2010 masehi ini, yang jatuh pada tanggal 27 Juli 2010 ini, semalam aku mewarnainya dengan sesuatu yang baik...sesuatu yang Insya Allah kuberharap selalu Allah selalu meridhoinya , dan menguatkannya bagiku, bagi istriku, bagi anak-anakku , dan bagi seluruh keluargaku.
Inilah tulisan dari malam-malam rahasia yang penuh akan keberkahan bila kita mau menghiasinya dengan amalan-amalan sunnah ; malam-malam yang Allah berikan kasih-sayangNya, dan nilai lebihNya bagi hamba-hambaNya yang mau bersyukur, yang mau mengerjakan amalan-amalan utama dan amalan-amalan sunnah.
Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia, bulan yang sangat mashyur dengan keberkahannya, dan juga bulan taubat, Taat dibulan ini mendapatkan pahala yang berlipat ganda, siapa orang yang memanfaatkan bulan sya’ban ini untuk taat kepada Allah dia akan beruntung ketika datang bulan ramadhan, Bulan Sya’ban adalah bulan Nabi Muhammad Saw, seperti hadist mengatakan : "Bulan Rajab adalah bulan Allah, bulan Sya’ban adalah bulanku, dan
bulan Romadhon adalah bulannya Ummatku, tetapi sedikit yang mengingat kemuliaan Bulan Sya’ban” ".
berarti bulan ini adalah bulan Sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad Saw didalam kitab tuhfatu ikhwan kita dianjurkan memperbanyak sholawat kita dibulan yang mulia ini.
Didalam kitab itupun Nabi Muhammad Saw berkata : Sesungguhanya malam Nisfu Sya’ban Allah Swt akan mengampunin semua dosa-dosa orang-orang muslim kecuali Dukun, Penyihir, peminum Arak dan Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.
Disunnahkan Menghidupkan malam nisfu Sya’ban. Diriwayatkan Al Asfihani Didalam kitab ( Attarqib ) dari Mua’d bin jabal Nabi Muhammad Saw berkata : " Siapa orang yang menghidupkan Lima malam ini balasannya adalah Syurga yaitu Malam Tarwiyah, Malam A’rofah, Malam I’dul Adha, Malam I’dul Fitri, dan Malam Nisfu Sya’ban ".
Lima Malam yang disebutkan Nabi Muhammad Adalah Malam-malam ijabah mari kita ambil kesempatan yang masih Allah Swt memberikannya kepada kita, mudah-mudahan semua hajat kita dikabulkan Allah Swt.
Malam Nisfu Sya’ban Mempunyai Beberapa nama ini menunjukkan kemuliaan dari bulan tersebut antaralain : Allailatul Mubarokah, Laitul Baroaah, Lailatul Gisma wat Takdir, Dan Laitul Ijabah.
Diriwayatkan oleh sayduna Umar RA Nabi Muhammad Saw Berkata :
"Ada lima malam dalam satu tahun yang mana apabila seseorang berdo’a dimalam-malam itu doanya tidak akan ditolak oleh Allah yang maha Mengabulkan,
diantaranya : Malam pertama dari bulan Rajab, Malam Nishfu Sya’ban, Malam Jum’at, Malam Lailatur Qodar, Malam Dua Hari Raya ".
Nikmat yang begitu besar Kita Bertuhan Kepada Allah dan Bernabi Kepada Nabi Muhammad Saw, yang mana dalam Satu tahun Banyak sekali fadilah-fadilah dan keutamaan Yang Allah Swt berikan kepada kita sebagai Ummat saiduna Muhammad, Tinggal kita sebagai manusia mau atau tidak mengambil fadilah itu, kita berdoa terus kepada Yang Mulia Allah agar kita selalu dimudahkan dan diberi kenikmatan beribadah kepadanya, ya Allah Ampunin Dosa-dosa Kami Semua.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi diriku dan para pembaca semuanya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar