Sabtu, 04 Desember 2010

Amalan-amalan Pembuka Pintu Rejeki (bagian I )

Amalan-amalan Pembuka Pintu Rejeki ( bagian I )
Seringkali kita sebagai manusia yang wajar dan normal akan selalu merasa risau manakala kita melihat kondisi perekonomian kita carut marut , serba merasa kurang , atau mempunyai keinginan dan cita-cita yang belum juga bisa terwujud dikarenakan kondisi perekonomian yang masih carut marut tersebut, sehingga kita merasa resah, merasa hidup selalu kurang, merasa hidup tak nyaman. Adakalanya kita sudah bekerja keras, sudah berdoa dengan baik, namun hasil yang kita harapan selalu saja masih jauh dari yang minimalnya kita inginkan.
Yang dinamakan rejeki itu banyak sekali , bisa berupa umur panjang , kesehatan, kesempatan dan kelapangan hidup , kemudahan untuk melakukan ini itu, rejeki berupa kemudahan bekerja , berdagang, dan lain-lain ; dan yang paling bikin risau dan resah pada kebanyakan manusia atau orang yaitu  hanya rejeki yang berkaitan dengan masalah ekonomi atau singkatnya UUD ( ujung-ujungnya duit – gimana caranya cepat punya uang banyak, sehingga bisa beli rumah, beli mobil, motor , menikah, naik haji, berqurban, dll )
Berikut ini adalah tulisan mengenai amalan-amalan yang Insya Allah bila kita lakukan, bila kita amalkan dengan penih keyakinan dan keikhlasan, maka Allah SWT akan membukakan pintu rejeki dan mengalirkan rejeki kepada kita.
Dalam mengharapkan rejeki yang baik , sebenarnya manusia hanya dapat mengharapkan pertolongan dari Allah Azza Wa Jalla. Tidak dapat menggantungkan diri kepada makhluk lain. Hanya Allah Robbul Alamin yang berhak untuk dimintai pertolongan ‘Iyyaka nasyta’in’, datangnya pertolongan itu hanyalah dari Robb semata.

Manusia dan kelompok yang menggantungkan hidupnya kepada makhluk lainnya,mereka pasti akan mendapatkan dirinya terjatuh ke dalam lembah kehinaan dan kesesatan belaka. Boleh jadi dalam hal ini (yaitu cara cepat menghasilkan rejeki dan kekayaan ) memang akan begitu cepat terwujud , namun cara yang digunakan secara salah, secara instan,  dengan cara bathil itu hanya akan memberikan hasil rejeki yang tiada abadi, karena rejeki tersebut diluar dari keridhoan Allah….Dzat Yang Maha Kaya.

Adapun diantara pintu yang akan mengantarkan pintu rejeki, dan menjauhkan diri dari kesempitan hidup adalah :

1. Membaca “La Hawla Wala Quwwata Illa Billaah”.

Barang siapa yang lambat rezekinya hendaklah banyak mengucapkan La Hawla Wala Quwwata Illa Billaah (HR.At-Tabrani).

2. Membaca “La ilaha illallaahul malikul haqqul mubin”.

Barangsiapa yang membaca “La ilaha illallaahul malikul haqqul mubin”, maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur”. (HR. Abu Nu’aim dan Ad-Dailami).

3. Melanggengkan Istighfar.

“Barangsiapa melanggengkan istighfar, niscaya Allah mengeluarkan dia dari segala kesusahan dan memberikan dan memberikan dia rezeki dari arah yang tidak diduganya”. (HR.Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

4. Membaca Surah Al-Ikhlas.

“Barangsiapa yang membaca surah al-Ikhlas ketika masuk rumah, maka (berkah bacaan) menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya”. (HR.Tabrani).

5. Membaca surah al-Waqi’ah

“Barangsiapa membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup”. (HR. Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

6. Memperbanyak Shalawat atas Nabi Shallahu Alaihi Wa Sallam.

Ubay bin Ka’ab meriwayatkan, bila telah berlalu sepertiga malam, Rasulullah SAW berdiri seraya bersabda, “Wahai manusia, berzikirlah mengingat Allah. Akan datang tiupan (sangkakala kiamat), pertama kemudian diiringi tiupan kedua. Akan datang kematian dan segala kesulitan yang ada di dalamnya”.

7. Membaca “Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil ‘adzhim.

Dari setiap kalimat itu seorang malaikat yang bertasbih kepada Allah Ta’ala sampai diberikan untukmu sampai hari Kiamat yang pahala tasbihnya itu diberikan untukmu”. (HR.Al-Mustaqfiri dalam Ad-Da’wat, dinukilkan dari Ihya Ulumuddin al-Ghazali).

Sementara itu, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ada beberapa orang musyrik yang telah berbuat maksiat dan dosa, yaitu mereka membunuh dan berzina. Maka, mereka menghadap Rasulullah untuk bertobat. Mereka pun bertanya kepada beliau, apakah akan diterima tobat mereka? Maka, turunlah ayat ini yang menerangkan hendaknya jangan berputus asa untuk terus mencari ampunan Allah Rabbul Alamin.

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang”. (QS. Az-Zummar : 53)
Amalan diatas itu baru amalan yang bersifat dzikir baik membaca dzikir, memuji asma Allah , maupun membaca ayat-ayat yang sebagai firmanNya ; masih ada amalan lainnya yang bisa mendatangkan terbukannya pintu rejeki, nantikan tulisanku berikutnya…..
Semoga tulisan yang belum tuntas ini bisa memberikan manfaat tersendiri bagi para pembacanya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar