Rabu, 29 Desember 2010

GAGASANKU YANG NYLENEH YANG PASTI DIKECAM ORANG TAMAK



GAGASAN  NYLENEH  YANG  DIKECAM  ORANG  TAMAK
Suatu sore ku terpaku dipuncak tinggi bangunan dikotaku, sehingga kubisa melihat sekeliling kota yang riuh ini, danmulailah terbersit suatu gagasan….dan gagasan yang timbul itu kuberi title : “ Gagasan  nyleneh  yang dikecam Orang Tamak “ , dan inilah gagasan itu :
LATAR BELAKANG.
Gagasan ini muncul dengan latar belakang :
1.      Gelandangan , pengangguran.
Berapa jumlah para gelandangan , dan pengangguran dinegeriku ini ? ; berapakah jumlah KK (kepala keluarga) dan berapa total jiwa yang tidak atau belum mempunyai rumah tinggal ? , adakah BPS (Biro Pusat Statistik ) yang ada ditiap kota dan daerah bisa memberikan datanya dengan baik dan benar ?; Bisakah data tersebut dapat diakses sampai tingkat RT atau RW dengan baik , dan memaparkan keberadaannya yang sesungguhnya ?, bisakah kita tahu berapa jumlah pengangguran ?, jumlah gelandangan dan darimana asalnya? , jumlah Keluarga tak punya rumah dan mengapa bisa sampai tak punya rumah ?,
Jika aku jadi Pemimpin negeri ini, aku harus tahu masalah yang mendasar ini…, masalah yang menyangkut rakyat dinegeriku.
2.      Orang Tamak dengan banyak property yang ditelantarkan.
Yang ini juga aku harus tahu….; berapa orang kaya dinegeriku lengkap dengan data klasifikasinya nilai kekayaan dan hasil pendapatannya per bulan , per tahun ? , juga aku harus tahu berapa jumlah property baik berupa tanah dan bangunan yang dimiliki oleh orang-orang kaya tersebut ? , apakah property itu di gunakan dengan semestinya atau ditelantarkan ? , apakah mereka yang mempunyai tersebut membayar pajak dengan semestinya ?
3.      Penghematan energi listrik  dan air.
Dan aku juga harus tahu berapa jumlah energy listrik (PLN ) dan jaringan listriknya dan air (PAM) terpasang yang tidak digunakan? , dan juga harus tahu berapa besar jumlah rakyatku yang belum bisa menikmati listrik dan air bersih tersebut , baik karena kehabisan stock dan jaringan , atau karena ketidak-mampuan untuk mendapatkannya?.
4.      Pelayanan Kesehatan, Sekolah, pelayanan social lainnya.
Dan aku juga akan bertanya : apakah semua rakyatku bisa menikmati pelayanan kesehatan bila mereka sakit ? , apakah rakyatku bila sakit bisa diterima dirumah sakit?, meski mereka tak punya biayanya? Dan mereka dilayani tanpa dibeda-bedakan? ; karena yang sering kulihat rumah sakit umum dan puskesmas yang murah selalu dipenuhi dengan pasien , sampai kewalahan, dan itu akan berakibat turunnya mutu pelayanannya, mungkin…..malah bisa malapraktek ; sementara banyak rumah sakit swasta yang kosong ?, demikian juga bila generasi penerusku ingin bersekolah, apakah ada kemudahan akan itu ? , atau pendidikan dengan biaya sekolah yang murah dan syukur gratis , juga pelayanan social yang lainnya….sungguh , aku harus tahu itu…., supaya tidak ada sesuatunya yang mubazir sementara masih dibutuhkan.

DAN INILAH GAGASANKU….
Dinegeriku ini banyak kesenjangan…..ada jutaan rakyatku yang tak memiliki tempat tinggal , dan mereka menggelandang , mereka kost diruang kecil , atau kontrak rumah , atau ngumpul bareng dengan keluarganya….sementara itu tak kurang juga…alias banyak juga orang kaya yang memiliki banyak property baik berupa tanah, maupun bangunan, namun ditelantarkan…alias dikosongkan ! ; Sungguh jika aku jadi pemimpin negeri ini….orang-orang kaya tersebut akan aku sentlik telinganya, aku akan suruh mereka mengisi rumah-rumah kosongnya , property yang ditelantarkan atau tanah-tanah yang dibiarkan merana….daripada rusak nganggur, lebih baik ditempati sama rakyatku yang lain…yang belum punya rumah,belum punya lahan untuk bertani dan berkebun , atau area untuk membuka usaha….daripada mubazir…lebih baik dapat masukkan meski kecil namun itu berpahala besar, juga akan lebih terawat kekayaannya tersebut ….iya khan ???; sehingga mereka yang ingin berdagang kaki lima tidak malah berjualan di trotoar, ditaman-taman, atau diarea yang dilarang untuk mereka berjualan , dipinggir jalan , depan rumah, depan toko ; bayangin saja bila anda punya toko dijalan otista , namun tertutup oleh tenda-tenda pedagang kaki lima ; apakah toko anda itu akan disinggahi oleh pembeli atau orang-orang yang kebetulan lewat jalan raya depan toko anda?
Coba pikir saja….banyak rumah,ruko,bangunan bertingkat ,property lainnya yang sudah lengkap dengan fasilitas listrik(PLN) tersambung , jaringan telepon ada , dan juga aliran air bersih (PAM) ada….namun ditelantarkan, namun tak dipakai….sementara banyak orang yang masih pingin bisa menikmati fasilitas tersebut…baik yang mampu untuk mengadakannya ataupun yang tidak..; dan yang bikin sedih lagi seringkali baik PLN,PAM,TELKOM mereka akhirnya bilang juga kalau kehabisan akan jaringannya….huuuggghhh!!!!. Ada juga yang memakai air dalam katagori bersih malah untuk mencuci mobil, motor , atau dibuang-buang untuk hal yang kurang perlu….sementara ada sebagian rakyatku yang kekurangan air, atau berajang nasib dengan mengkonsumsi air yang tak layak bagi kesehatannya…
Disektor Kesehatan….seperti yang aku tulis diatas….; rumah sakit yang murah penuh sesak dengan antrian pasien , ada yang datang subuh tapi baru dilayani saat habis dhuhur; ada yang ditolak karena alesan sudah kewalahan, namun disisi lain ada umah sakit swasta yang kosong, dan sepi pasien, sehingga terasa mubazir….; dan ini Sungguh jika aku sebagai Pemimpin negeri ini aku akan sentlik pemiliknya untuk membukakan pintu bagi rakyatku yang sakit dan tak mampu….dengan tariff yang murah, tariff yang dikondisikan….biarlah ada masukan sedikit, toch namun berpahala….daripada dikosongkan mubazir dan ujung-ujungnya mengeluh tak mampu membayar pegawainya!
Demikian juga di sektor pendidikan…..ada sekolah yang berjubel dan tak mampu menampung penerimaan murid baru , namun ada juga sekolah yang kosong, dan kebingungan untuk menggaji guru-gurunya….; ini juga akan aku urus…daripada mubazir ; dan juga pelayanan social lainnya….
Masih banyak yang berkecamuk dikepalaku ini….gagasan-gagasan yang baik, namun pasti amat sangat dikecam oleh orang-orang yang tamak.
Anda ingin menambahkan…???, silahkan beri komentarnya….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar