Minggu, 30 Mei 2010

ILMU PASTI dan ILMU LOGIKA

Ajarilah Anak dengan Sejarah dan Ilmu Logika yang Relevan.

Menulis lagi....sesuatu yang ada dibenak, sekedar untuk sharing kepada rekan-rekan pembaca dalam rangka Tholabul ilmi....
Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk memperbaharui file dalam benak pikiran kita, dalam suatu partisi-partisi sejarah yang tertata rapi untuk bisa kita sekedar nantinya memberi suatu pelajaran atau cerita hidup yang nantinya berguna bagi bekal kehidupan anak atau cucu kita.
Ketika kita kecil mungkin kita masih begitu ingat akan ilmu yang kita dapat dari bangku sekolah tentang ilmu pasti , tentang Ilmu Alam dan Ilmu Matematika yang masuk dalam jajaran ilmu pasti. Kini apakah kedudukan ilmu pasti untuk kedua pelajaran itu masih layak melekat padanya ?, sepertinya kita harus lebih arief lagi dalam sekedar membantu guru-guru dari anak kita dalam memberikan penalaran logika pada kedua ilmu tersebut; bahwa kedua ilmu tersebut ( matematika dan Ilmu alam ) mungkin sudah tidak layak disebut sebagai ilmu pasti; ambil contoh mudah 1+1 = 2 itu ilmu pasti saat kita dapat saat SD, namun 1 (orang perempuan)+ 1 (orang laki-laki ) tidak bisa diasumsikan menjadi 2, karena mungkin bisa tetap 2, bisa jadi 3 (dengan plus seorang anak ); atau mungkin bisa lebih dari itu. Dilogikakan juga bahwa 1 ekor kambing + 1 ekor sapi = 2 ekor binatang yaitu 1 ekor kambing dan 1 ekor sapi.Ini adalah contoh mudah dari gugurnya ilmu pasti.
Disisi lain ilmu alam pada jaman kita dikatakan bahwa bulan Oktober-April adalah musim hujan, dan April - Oktober adalah musim kemarau, namun dikenyataan sekarang ini bulan Mei-pun masih digempur terus oleh musim penghujan ; bakteri atau jamur adalah sesuatu yang harus dihindari karena bisa menimbulkan penyakit; namun sekarang ini kita pernah mendengar bahwa bakteri atau jamur ada yang berfungsi positif bagi kesehatan tubuh ; demikian juga dulu susu asam tidak boleh dimakan, namun sekarang susu asam bisa jadi minuman yang menyehatkan...harganya mahal lagi ; ini juga suatu bukti gugurnya ilmu pengetahuan sebagai ilmu pasti; dan mungkin masih banyak lagi contoh-contoh lain yang rekan-rekan dapat sampaikan sebagai suatu jawaban atau sekedar contoh gugurnya ilmu pasti tersebut. Disisi lain mungkin ilmu geografi-pun juga mengalami perubahan dan perkembangan (keluar dari sisi pakemnya sebagai cabang ilmu pasti ); dulu sewaktu kita SD ( Sari Ilmu Bumi Indonesia ) atau saat kita SMP ( ilmu geografi asia,indonesia dan australia ) mungkin kita tahunya bahwa pulau Jawa seluas X , namun sekarang nominalnya mungkin lebih dari sekedar X, karena luasnya bertambah, namun gunung atau bukitnya berkurang.
Bila kita peduli akan suatu masa depan anak kita, kita sayogyanya akan memberi sekedar pelajaran tambahan akan hal ini, akan perubahan-perubahan dari ilmu pasti dan kedudukan cabangnya.
Banyak banget nilai koefisien, rumus-rumus fisika atau kimia yang sekarang mengalami perubahan dari saat kita sekolah dulu; dan ternyata waktu 20 tahun-an memberikan suatu perubahan yang sangat signifikan bagi perkembangan ilmu seiring berputarnya waktu dunia ini.
Namun ada sesuatu yang sangat menarik dan itu sesuai dan mengikuti akan perkembangan dunia; Apa itu...???; Subhanallah....ternyata kitab suci Al-qur'an-lah yang kita kenal sebagai ummu kitab, sebagai pedoman hidup yang berisi ilmu pengetahuan,sejarah , kisah ummat lampau, hukum dan aturan hidup dan kehidupan bagi ummat islam atau ummat yang menyakinin akan kebenaran Al-Qur'an yang dapat mengatasi akan semua ini.
Tulisan ini memang jauh dari kesempuraan, namun sungguh aku berharap agar hal ini berguna bagi proses pembelajaran anak-anak kita.Anda berkeinginan memberi tambahan atau sekedar memberi kritik dan saran ?; sungguh saya akan sangat bahagia akan itu semua...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar